-->

Cara Menghapus File Sampah Yang Bikin Hp Jadi Lemot Tanpa Aplikasi Tambahan

- December 18, 2020

Palaman-android | Pasti kalian yang berkunjung di sini lagi cari-cari cara hapus file sampah yang tersembunyi yang membuat hp kalian menjadi lemot yang memakan penyimpanan memori internal hp kalian sampai bergiga-giga.

Hal ini sering banget terjadi di semua hp android baik itu hp kentang atau bukan sob. Membiarkan memori internal penuh dapat menyebabkan kerusakan software ataupun hadware. Namun apa saja kendalanya jika kita sering membiarkan memori internal penuh, berikut ini saya tuliskan satu persatu kerusakan yang akan terjadi jika sering membiarkan dan mengabaikan memori internal penuh sesuai dengan pengalaman yang pernah saya tanggani.


Cara Menghapus File Sampah Tanpa Aplikasi

Membiarkan memori internal penuh menyebabkan kerusakan software :

1. Tidak bisa menginstal aplikasi.

2. Tidak bisa menerima pesan masuk di whatsapp.

3. Aplikasi Berhenti (Force Close).

4. Hp macet-macet

5. Sentuh tidak normal.

6. Aplikasi tidak bisa di buka karena tidak ada penyimpanan internal yang bisa digunakan aplikasi.

7. Membuat booting terlalu lama saat di hidupkan.

8. Dlln.

Membiarkan memori internal penuh menyebabkan kerusakan Hardware :

1. Kerusakan Ic EMMc (Berhenti Di Logo Mi).

2. Baterai Mudah Soak Karena operasi sistem terlalu panas.

3. Dlln.

Namun bagaimana cara mengatasi memori  internal penuh yang padahal sudah banyak data yang sudah di hapus tapi masih juga nyesek internalnya. Sebenarnya ada 3 Metode untuk mengatasi memori internal yang sering penuh.

1. Reset Pengaturan Pabrik.

2. Flashing Rom.


"2 point di atas saya menyarankan untuk membackup data dulu sebelum menerapkannya"


3. Menghapus File sampah tanpa harus menghilangkan data.

Cara ini yang paling work it banget untuk kita terapkan dan sayapun juga sering menerapkan metode yang ke 3 ini, Karena cara ini lebih mudah dan simple bagi saya.


Cara Menghapus File Sampah Yang Bikin Hp Jadi Lemot Tanpa Aplikasi Tambahan

- Buka aplikasi File Manager.

- Pada bagian memori internal Pilih Folder Whatsapp > Databases 

- Block semua file yang namanya di awali dengan msgstore.

-  Lalu hapus Semuanya.


" File ini adalah file cadangan whatsapp yang mungkin tidak kalian perlukan lagi, Saya sarankan hapus saja dulu karena lama kelamaan ukurannya akan bertambah dan mungkin bisa mencapai 2 GB, Jika nanti di inginkan tinggal klik cadangkan lagi ulang"


Selanjutnya masih di folder whatsapp pilih pada folder media pilih file video yang disana yang kiranya tidak kalian pentingkan lagi sob. Folder ini adalah folder untuk penyimpanan video whatsapp yang dikirim dan yang di terima.




Selanjutnya masih di folder whatsapp lalu pilih folder WhatsApp Voice Note. Folder ini adalah tempat penampungan rekaman suara kalian di whatsApp Yang Mungkin sudah tidak kalian perlukan lagi sob. Hapus saja semua file yang berada dalam folder WhatsApp Voice Note ini jika tidak di perlukan lagi, karena folder ini akan selalu bertambah setiap kali ada pesan suara yang masuk dan pesan suara yang keluar sob.




Selanjutnya buat kalian para pengguna Hp Xiaomi buka Folder Miu > Gallery > Cloud > Cache. Lalu tandai semuanya dan pilih Hapus. Folder ini adalah folder sampah yang membuat memori internal selalu penuh sob. Saya sarankan blok semua dan klik hapus.


Dan selanjutnya lagi kita telusuri file sampah lagi dengan cara klik pada icon pencarian lalu ketikkan "Thum" tanpa tanda kutip, selanjutnya blok semua file yang di tampilkan di sana lalu hapus.




Selanjutnya ketikan kembali pada icon pencarian dengan kata "apk". File apk ini adalah aplikasi yang pernah kalian instal di luar Google Playstore. Menghapus file apk ini tidak akan terhapus aplikasi yang sudah terinstal.




Jika semuanya sudah kalian lakukan, untuk hasil yang lebih maksimal silahkan matikan hp sejenak lalu hidupkan kembali, gunanya supaya memori internal hp di refresh ulang dan terhindar dari bug aplikasi berhenti.

Selanjutnya silahkan cek kembali memori internal hp kalian dan rasakan perbedaanya. 

Sekian dulu untuk tutorial singkat dari saya untuk Cara Menghapus File Sampah yang Bikin Hp jadi Lemot Tanpa Aplikasi Tambahan. Semoga sukses.







 

Start typing and press Enter to search